Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Kedai Teh Laresolo Yogya Junction Kota Bogor.
Abstract
Kedai Teh Laresolo merupakan salah satu kedai teh yang ada di Kota
Bogor. Semakin ketatnya persaingan dalam bidang usaha sejenis berdampak pada
jumlah pembeli yang datang ke Kedai Teh Laresolo. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian
konsumen, dan tingkat kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance
Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
mayoritas konsumennya adalah perempuan, berdomisili di Bogor, rentang usia
28-38 tahun, pendidikan terakhir Sarjana, status menikah, pekerjaan sebagai
pegawai negeri, dengan pendapatan per bulan antara Rp4 000 000 – Rp6 999 999.
Hasil penelitian menunjukkan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar
75.39 persen yang menandakan bahwa sebagian besar konsumen Kedai Teh
Laresolo merasa puas. Hasil Importance Performance Analysis (IPA)
menunjukkan bahwa atribut harga Aroma teh, keragaman menu, pengetahuan
pramusaji terhadap produk, kebersihan tempat, kebersihan peralatan minuman,
ketersediaan informasi produk beserta Harga merupakan prioritas utama dalam
perbaikan kinerja untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]