Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Organik pada Okiagaru Farm, Cianjur Jawa Barat
View/ Open
Date
2019Author
Putriadi, Anggi Violita
Baga, Lukman Mohammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Okiagaru Farm adalah salah satu unit usaha yang memproduksi dan menjual
sayuran organik. Kesadaran masyarakat mengenai manfaat adanya sayuran
organik menyebabkan peningkatan permintaan sayuran organik. Pada
kenyataannya sayuran organik sangat bergantung pada alam, memerlukan biaya
yang mahal dan sulitnya mencari konsumen akhir. Tujuan dari penilitian ini
adalah untuk merumuskan strategi pemasaran yang sesuai melalui konsep bauran
pemasaran 4P. Perancangan bauran pemasaran melibatkan pihak internal dan
eksternal perusahaan. Metode Analisis Hirarki Proses (AHP) digunakan dalam
penelitian untuk memilih prioritas strategi pemasaran berdasarkan keputusan
pihak internal. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang
menjadi prioritas secara berturut-turut adalah produk, distribusi, harga, dan
promosi. Beberapa subbauran telah dipilih sebagai prioritas dalam bauran
pemasaran. Subbauran tersebut adalah ketersediaan, distribusi langsung, kemasan
dan kerja sama.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]