Metode Alternatif dalam Pencarian Peringkat E-commerce di Indonesia Berdasarkan Penilaian Pelanggan.
View/ Open
Date
2019Author
Irawan, Azira
Alamudi, Aam
Rahardiantoro, Septian
Metadata
Show full item recordAbstract
Keberadaan internet memunculkan sistem perdagangan secara online
menggunakan aplikasi. Maraknya sistem perdagangan secara online memicu
muculnya berbagai e-commerce di Indonesia yang menyediakan berbagai macam
kebutuhan pelanggan. Hal ini juga menimbulkan permasalahan bagi pelanggan
yaitu kesulitan dalam memilih e-commerce yang berkualitas. Upaya yang
dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah membuat peringkat e-commerce di
Indonesia berdasarkan dari penilaian pelanggan. Metode yang umum digunakan
untuk pemeringkatan adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) tetapi
dalam praktiknya terdapat beberapa peubah yang tidak terdapat di e-commerce
sehingga metode AHP tidak bisa digunakan. Metode alternatif yang dipilih adalah
metode optimasi Ant Colony Optimation (ACO). Pengujian kelayakan metode
ACO dalam pencarian peringkat untuk data e-commerce perlu dilakukan karena
tidak semua peubah terdapat di e-commerce. Simulasi untuk pencarian peringkat
dilakukan menggunakan 2 skenario data bangkitan dengan metode AHP dan ACO.
Hasil simulasi didapatkan kesimpulkan metode ACO layak digunakan untuk
pemeringkatan yang terdapat data kosong sampai 15%, selanjutnya dilakukan
penerapan metode ACO untuk data e-commerce di Indonesia dengan kondisi data
kosong 6.25%. Hasil tabu terbaik berdasarkan nilai peluang tertinggi, feromon
terendah, dan koefisien korelasi tertinggi yaitu pada tabu ke-2, dengan tiga
peringkat teratas yaitu JD, SP, dan TP.