Sikap dan Keputusan Pembelian terhadap Bunga Potong (Kasus : Wid Florist Bogor).
Abstract
Perkembangan bisnis bunga potong ditandai dengan banyaknya pelaku
usaha di bidang yang sama mendorong timbulnya persaingan. Dibutuhkan
pengetahuan akan sikap dalam proses pembelian bunga potong untuk memahami
keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
karakteristik konsumen bunga potong, menganalisis proses keputusan pembelian,
dan menganalisis sikap konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 100 responden Wid Florist Bogor. Analisis kuantitatif dilakukan
menggunakan analisis Multiatribut Fishbein untuk menganalisis sikap konsumen.
Analisis kualitatif dilakukan menggunakan analisis deskriptif untuk
mendeskripsikan karakteristik konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
atribut yang dinilai positif adalah atribut keramahan dan kesopanan karyawan.
Adapun nilai sikap terendah terdapat pada atribut harga produk. Konsumen telah
melalui lima tahapan dalam melakukan pembelian bunga potong di Wid Florist
yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi kepentingan,
keputusan pembelian, dan tahap perilaku pasca pembelian.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]