Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Snack Kemasan oleh Konsumen Muslim di Kota Kendari
View/ Open
Date
2019Author
Prameswari, Sherly Widya
Hartoyo, Sri
El Ayyubi, Salahuddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan ekonomi dalam Islam mengacu pada aturan yang terkandung
dalam Alquran dan Sunnah. Bagi seorang muslim, kegiatan konsumsi telah diatur
dalam Alquran yang disebutkan dalam surah Albaqarah ayat 168. Label halal
digunakan agar konsumen muslim dapat memastikan dengan mudah produk snack
kemasan yang boleh dikonsumsi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder
dari instansi dan literatur yang relevan. Metode analisis menggunakan metode
regresi logistik (logit) untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
keputusan pembelian konsumen muslim di Kota Kendari. Hasil penelitian
menunjukkan sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan yang cukup
terhadap pangan halal. Pada hasil analisis logit menunjukkan bahwa semua
variabel yaitu tingkat pengetahuan, persepsi label halal, persepsi harga, persepsi
kualitas, halal awareness, dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen.