Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Minuman Nyoklat Klasik pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor Dramaga
Abstract
Produk minuman Nyoklat Klasik merupakan salah satu jenis usaha yang
berkonsep waralaba dan memiliki gerai di Dramaga. Usaha waralaba minuman
cokelat siap saji semakin banyak diminati oleh pelaku usaha dan terus
berkembang di Indonesia. Pihak manajemen produk minuman Nyoklat Klasik
perlu mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen , loyalitas konsumen serta
hubungan kepuasan dengan loyalitas konsumen. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif, Uji Wilcoxon, Customer Satifacion Index, Customer Loyality
Index, dan Analisis Korelasi Rank Spearman dengan melibatkan 102 responden.
Hasil perhitungan CSI sebesar 81.85 persen menunjukkan bahwa sebagian besar
konsumen merasa sangat puas dengan kinerja yang diberikan oleh produk
minuman Nyoklat Klasik. Sebagian besar konsumen tergolong Satified Buyer,
yaitu konsumen yang puas dengan merek yang mereka konsumsi tetapi dapat saja
berpindah merek dengan menanggung switching cost. Uji korelasi rank spearman
menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan dengan loyalitas
konsumen produk minuman Nyoklat Klasik.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]