Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen di Restoran Gumati Paledang Bogor.
Abstract
Pada era globalisasi ini, kebiasaan masyarakat untuk makan di luar rumah
membuat keberadaan restoran semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat
perkotaan yang cenderung sangat sibuk dan tidak punya waktu luang untuk
menyediakan makanan sendiri. Berkembangnya usaha restoran di Bogor
menyebabkan persaingan yang begitu ketat baik dalam hal produk, pelayanan,
suasana restoran, lokasi maupun fasilitas pendukung. Persaingan tersebut
mengharuskan para pelaku bisnis makanan menerapkan strategi pasar yang
menitikberatkan kepada kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi karakteristik konsumen dan proses pengambilan keputusan
pembelian, serta menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Data yang digunakan
merupakan data primer diperoleh dari hasil kuesioner terhadap 100 responden
diolah menggunakan alat analisis deskriptif dan analisis Customer Satisfaction
Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian
didapatkan pada proses pengambilan keputusan suasana dan pemandangan
restoran menjadi atribut yang sangat dipertimbangkan. Secara keseluruhan
berdasarkan Customer Satifaction Index (CSI) diperoleh nilai 79.14 persen yang
artinya konsumen sudah merasa puas dengan kinerja atribut restoran.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]