Efektivitas Strategi Promosi Produk Kopi Lokal di Rumah Kopi Ranin.
Abstract
Rumah Kopi Ranin merupakan usaha skala kecil yang bergerak pada penjualan produk kopi lokal. Usaha ini melakukan kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk strategi promosi, menganalisis efektivitas strategi promosi, serta mengidentifikasi hubunngan karakteristik responden dengan efektivitas strategi promosi pada dimensi empati, persuasi, dampak, dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara survei pada 40 orang responden yang didukung oleh data kualitatif dengan wawancara mendalam pada responden terpilih yang menguasai masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan strategi promosi merek dan kemasan, media Instagram, dan personal selling terhitung efektif dalam meningkatkan empati, persuasi, dampak positif, dan komunikasi (dimensi EPIC), dan tidak semua karakteristik responden berhubungan dengan efektivitas strategi promosi yang dilakukan oleh Rumah Kopi Ranin.