Analisis Hubungan Penggunaan Media Sosial Facebook dengan Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Atas.
Abstract
Penggunaan media sosial facebook di kalangan remaja masih cukup popular, seperti di kalangan remaja SMA Negeri 1 Ciampea. Mayoritas siswa dan gurunya memiliki media sosial facebook. Media sosial facebook digunakan tidak hanya untuk berkomunikasi namun juga menjadi market place (tempat jual beli) sehingga menimbulkan daya tarik pada kalangan remaja. Adanya berbagai macam produk yang beredar di media sosial facebook dapat mempengaruhi perilaku konsumtif pada kalangan remaja terutama pada siswa Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media sosial facebook di kalangan remaja serta perilaku konsumtif remaja dan menganalisis hubungan penggunaan media sosial facebook dengan perilaku konsumtif remaja. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media sosial facebook remaja di SMA Negeri 1 Ciampea memiliki hubungan dengan perilaku konsumtif. Intensitas dalam penggunaan media sosial dapat menjadi pemicu terbentuknya perilaku konsumtif meski pada kenyataannya tingkat konsumsi remaja di SMA Negeri 1 Ciampea terbilang cukup rendah.