Penggerombolan Babyshop pada Marketplace X Menggunakan Cluster Ensemble berbasis Algoritme Squeezer
View/ Open
Date
2018Author
Lestari, Gita
Suhaeni, Cici
Silvianti, Pika
Metadata
Show full item recordAbstract
Marketplace merupakan salah satu bidang bisnis secara online yang sangat diminati di Indonesia. Salah satu kategori yang mengalami pertumbuhan pada Marketplace X adalah toko-toko yang menjual perlengkapan bayi atau lebih dikenal dengan sebutan babyshop. Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik serta menjaga kredibilitas toko-toko khususnya babyshop, penting dilakukan pemantauan kualitas salah satunya melalui penggerombolan. Penggerombolan dilakukan berdasarkan indikator-indikator penilaian reputasi toko yang terdiri atas peubah berskala kategorik dan numerik. Penelitian ini bertujuan untuk menggerombolkan babyshop pada marketpace X berdasarkan karakteristik toko menggunakan analisis gerombol dengan pendekatan cluster ensemble based mixed data clustering (CEBMDC) berbasis algoritme the weigthed squeezer. Penelitian ini menggunakan data stream dari 218 babyshop pada marketplace X yang terdiri dari faktor pelayanan, tingkat reputasi, jenis dan juga lokasi babyshop. Hasil penggerombolan menunjukkan bahwa terbentuk gerombol optimum sebanyak tiga gerombol dimana gerombol satu terdiri dari 21% babyshop, gerombol dua 48% babyshop, dan 31% babyshop berada pada gerombol tiga. Gerombol pertama merupakan gerombol yang berisikan babyshop-babyshop dengan kecenderungan tergolong reputasi baik, gerombol dua kecenderungan anggotanya bereputasi normal (neutral), sedangkan gerombol ketiga anggotanya memiliki kecendurerungan bereputasi kurang baik.