Analisis Strategi Pengembangan Koperasi Bisnis Muslim Bogor
View/ Open
Date
2018Author
Ritonga, Roni Alfiansyah
Baga, Lukman Mohammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Koperasi Bisnis Muslim Bogor (KBMB) adalah salah satu koperasi jenis
konsumen di Kota Bogor. Selama KBMB berdiri kerap kali mengalami berbagai
kendala, oleh karena itu KBMB perlu menganalisis lingkungan internal dan
esksternal, kemudian merumuskannya menjadi strategi pengembangan dengan
pendekatan atritektur strategi. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis
secara deskriptif lingkungan internal eksternal koperasi, serta untuk menentukan
faktor kunci internal dengan analisis matriks IFE dan faktor kunci eksternal
dengan analisis matriks EFE. Posisi koperasi di analisis menggunakan matriks IE.
Berdasarkan skor matriks IE, posisi koperasi berada di kuadran kedua yang
artinya tumbuh dan membangun. Perumusan alternatif strategi didasarkan pada
analisis matriks IE dan analisis SWOT sehingga menghasilkan delapan alternatif
strategi pengembangan. Delapan alternatif strategi tersebut kemudian dijabarkan
lebih lanjut dengan memetakan program-program kegiatan pengembangan KBMB
dalam rancangan arsitektur strategi. Program-program kegiatan tersebut akan
diimplementasikan secara bertahap selama empat periode waktu sesuai dengan
rencana strategis, visi, misi, dan tujuan KBMB.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]