Intensi Mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum Institut Pertanian Bogor Untuk Membeli Kosmetik Halal.
Abstract
Pasar kosmetik di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan rata-rata
pertumbuhan sebesar 9.67 persen dari tahun 2010-2015. Produk kosmetik yang
berlabel halal hanya 0.77 persen dari total yang terdaftar di BPOM. Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat intensi mahasiswa dalam membeli kosmetik
halal. Penelitian dilakukan di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan mengambil
sampel sebanyak 60 mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU)
dengan menggunakan teknik Accidental Sampling dan dianalisis menggunakan
Partial Least Square-Sturctural Equation Model (PLS SEM). Hasil analisis data
menunjukkan bahwa faktor yang signifikan memengaruhi intensi mahasiswa PPKU
IPB untuk membeli kosmetik halal adalah norma subjektif dengan indikator yang
paling mendominasi lingkungan sosial berupa pengaruh dari teman-teman sesama
mahasiswa PPKU IPB.