Perencanaan Bisnis Koperasi Berbasis Masjid di Kampus Institut Pertanian Bogor
Abstract
Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai
sarana pendidikan, politik, dan ekonomi. Al-Hurriyyah memiliki potensi yang
baik di sektor ekonomi yang dapat diketahui melalui jumlah pengunjung Masjid
Al-Hurriyyah yang mencapai seribu orang dalam sehari. Bentuk bisnis berbasis
Masjid ini adalah koperasi. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan unit bisnis
yang dibutuhkan oleh para jamaah dan seberapa besar manfaat koperasi bagi para
jamaah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode
kualitatif digunakan pada analisis non finansial, sedangkan metode kuantitatif
digunakan pada analisis finansial pengoperasian bisnis. Unit usaha yang memiliki
potensi untuk dijalankan oleh koperasi masjid adalah perlengkapan akademis,
perlengkapan shalat, dan buku-buku agama. Koperasi ini dijalankan tidak hanya
untuk memperoleh keuntungan dan kesejahteraan anggota, namun untuk
melakukan ibadah. Manfaat yang diperoleh oleh para jamaah dengan keberadaan
koperasi ini adalah manfaat ekonomi melalui sisa hasil usaha dan manfaat sosial
melalui acara-acara yang diadakan koperasi.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]