Segmentasi Pelanggan Susu Formula Menggunakan Cluster Ensemble Berbasis Algoritme ROCK
View/ Open
Date
2018Author
Latifah, Titi Dwi
Suhaeni, Cici
Anisa, Rahma
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan yang hendak bertahan dalam pasar perlu membuat suatu strategi pemasaran yang tepat, salah satunya dengan membuat segmen pelanggan berdasarkan informasi yang tercatat pada program berhadiah yang dibuat perusahaan. Data pada program berhadiah memiliki peubah dengan tipe campuran yaitu numerik dan kategorik, sehingga digunakan analisis gerombol dengan CEBMDC (Cluster Ensemble Based Mixed Data Clustering) berbasis algoritme ROCK (RObust Clustering using link). Penelitian ini menggunakan data pelanggan yang tergabung pada program berhadiah suatu perusahaan produk nutrisi. Penelitian ini bertujuan menggerombolkan pelanggan berdasarkan profil dan karakteristik pelanggan yang tercatat pada program berhadiah menggunakan CEBMDC berbasis algoritme ROCK. Hasil penggerombolan dengan CEBMDC berbasis algoritme ROCK menghasilkan tiga segmen pelanggan. Segmen pertama adalah segmen yang terdiri atas pelanggan-pelanggan yang loyal terhadap produk susu formula perusahaan. Segmen kedua dicirikan oleh pelanggan yang lebih tua dan mencakup pelanggan dengan konsumsi susu yang sangat rendah. Segmen ketiga adalah segmen pelanggan yang gemar mengumpulkan poin pada program berhadiah.