Faktor-faktor yang Memengaruhi Pilihan UMKM dalam Mencantumkan Label Halal di Kota Bandung.
Abstract
Label halal pada suatu produk selain berfungsi untuk menunjukkan status
kehalalan, juga merupakan salah satu upaya strategi pemasaran produk. Hingga saat
ini terdapat dua jenis label halal yang beredar pada produk makanan lokal oleh
UMKM, yaitu label halal MUI dan label halal yang dibuat sendiri oleh pelaku
usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
pilihan UMKM untuk mencantumkan label halal MUI atau halal non-MUI pada
produk. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung dengan mengambil sampel 60
responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling.
Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi logistik. Hasil analisis
regresi logistik menunjukkan variabel usia, halal awareness, program pemerintah,
dan keyakinan pada label halal dapat meningkatkan penjualan merupakan faktorfaktor
yang berpengaruh signifikan terhadap minat untuk mencantumkan label halal
MUI.