Proses Pengambilan Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen di Rumah Talas Bogor.
Abstract
Rumah Talas Bogor merupakan perusahaan yang memproduksi kue
berbahan baku talas sebagai oleh-oleh khas kota bogor. Persaingan bisnis yang
semakin ketat berdampak pada tingkat penjualan Rumah Talas Bogor dimana
terjadi penurunan jumlah penjualan selama 4 tahun terakhir. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik, proses keputusan pembelian,
dan menganalisis kepuasan konsumen Rumah Talas Bogor. Responden sebanyak
100 orang dengan menggunakan metode convenience sampling. Analisis
deskriptif digunakan untuk menganalisis karakteristik dan proses keputusan
pembelian konsumen. Analisis kepuasan konsumen menggunakan metode
Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).
Nilai dari Customer Satisfaction Index sebesar 78,645% menunjukkan bahwa
secara umum konsumen telah merasa puas terhadap atribut-atribut yang dianalisis
Hasilnya atribut promosi dan harga berada pada kuadran 1 diagram cartesius
dimana atribut tersebut merupakan prioritas utama yang harus diutamakan dalam
perbaikan atribut oleh pihak manajemen Rumah Talas Bogor.
Collections
- UT - Agribusiness [4247]