Analisis Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap daging Sapi Beku di Maradeka Beef Bogor.
Abstract
Peningkatan permintaan daging sapi di Indonesia mendorong pemerintah
melakukan impor daging sapi. Daging sapi diimpor ke Indonesia dalam bentuk
daging sapi beku yang telah melewati beberapa tahap pengujian kualitas.
Maradeka Beef atau disebut MR Beef merupakan salah satu penjual daging sapi
beku yang terletak di Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
karakteristik, persepsi, serta preferensi konsumen MR Beef Bogor terhadap
daging sapi beku. Data diperoleh dari 100 orang responden dan dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif, perceptual mapping, dan metode konjoin. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki persepsi bahwa daging beku
memiliki keunggulan pada atribut harga dan kemudahan mendapat, sedangkan
pada atribut warna daging, kandungan air, tekstur, serta kandungan lemak, daging
sapi segar lebih memiliki keunggulan. Analisis konjoin menunjukkan bahwa
konsumen MR Beef Bogor menyukai daging sapi dengan warna merah cerah,
tekstur halus, memiliki sedikit kandungan lemak, harga murah dan bagian daging
atas.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]