Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Tier Siera Kota Bogor.
Abstract
Tier Siera merupakan salah satu restoran di Kota Bogor. Semakin banyaknya
persaingan usaha di bidang kuliner, berdampak pada omzet yang diterima.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, proses
keputusan pembelian konsumen, mengetahui tingkat kepuasan konsumen, dan
memberikan implikasi strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat kepuasan
konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer
Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian
ini dilakukan pada bulan November 2017 sampai Januari 2018 dengan jumlah
responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas
konsumen adalah perempuan usia 21 sampai 30 tahun belum menikah,
berdomisili di Bogor yang merupakan mahasiswa dengan tingkat pendidikan akhir
SMA serta memiliki rata-rata pendapatan sebesar Rp 1 500 000 sampai Rp 2 499
999. Hasil perhitungan tingkat kepuasan menggunakan CSI sebesar 76 persen
yang menandakan bahwa sebagian besar konsumen sudah merasa puas. Hasil
perhitungan kinerja atribut menggunakan IPA menunjukkan bahwa harga
makanan, kesesuaian harga dengan porsi makanan, tanggapan terhadap keluhan
konsumen, dan ketersediaan area parkir merupakan prioritas utama dalam
perbaikan kinerja atribut untuk meningkatkan tingkat kepuasan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4248]