Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Vegetarian di Bandung.
Abstract
Jumlah restoran vegetarian di Kota Bandung mulai berkembang dari tahun
2012-2018. Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir adalah salah satu restoran
yang menyediakan menu vegetarian. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi
karakteristik konsumen, menganalisis tingkat kepuasan konsumen, dan
merekomendasikan strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen Restoran
Kehidupan Tidak Pernah Berakhir. Penelitian ini menggunakan metode analisis
deskriptif, Costumer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis
(IPA), dan piramida loyalitas. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa
karakteristik konsumen Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir didominasi
konsumen perempuan, berusia 17 hingga 27 tahun, belum menikah, memiliki
pendidikan terakhir sarjana, pelajar, dan bukan seorang vegetarian. Hasil CSI
menunjukkan bahwa 80.82 persen responden puas sedangkan hasil IPA
menunjukkan bahwa beberapa atribut membutuhkan perbaikan kinerja. Menurut
hasil analisis tingkat loyalitas, konsumen merupakan kategori switcher buyer dan
habitual buyer dan tingkat loyalitas konsumen masih belum dapat dikatakan loyal.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]