Pengaruh Paparan Video Grooming terhadap Pengetahuan, Konsep Diri Penampilan, dan Intensi Penggunaan Produk Perawatan Laki-laki
Abstract
Produk perawatan tidak hanya digemari kaum perempuan melainkan laki-laki juga karena hal ini sudah menjadi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh paparan video grooming terhadap pengetahuan, konsep diri penampilan, dan intensi mahasiswa terhadap penggunaan produk perawatan laki-laki pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu classical experimental dengan melibatkan 70 mahasiswa IPB. Pengambilan contoh dilakukan secara convenience. Mahasiswa dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi paparan berupa video sedangkan kelompok kontrol tidak. Hasil penelitian menunjukan bahwa paparan video dapat meningkatkan pengetahuan dan konsep diri, namun tidak memberikan perubahan yang signifikan pada intensi mahasiswa dalam mengonsumsi produk perawatan laki-laki. Uji ANOVA yang dilakukan menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada setiap variabel. Hasil uji lanjut post hoc menunjukan perbedaan yang signifikan pada kelompok pretest eksperimen dan posttest eksperimen.