Pengaruh Pesan pada Warning Label dan Video terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Intensi Konsumsi Fast Food Remaja
Abstract
Konsumsi fast food yang berlebihan menyebabkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan pengetahuan, sikap, dan intensi konsumsi fast food berdasarkan kelompok yang diberikan paparan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen di salah satu SMA di Kabupaten Bogor. Contoh penelitian merupakan siswa kelas XI berjumlah 96 orang dan dibagi kedalam tiga kelompok yaitu kelompok kontrol, kelompok dengan paparan warning label dan kelompok dengan paparan video. Hasil penelitian menunjukan bahwa warning label mampu meningkatkan pengetahuan serta menurunkan sikap dan intensi konsumsi fast food. Paparan video mampu menurunkan sikap dan intensi konsumsi fast food, namun tidak memberikan perubahan pada pengetahuan contoh. Hasil uji one way ANOVA menunjukan bahwa pada variabel pengetahuan, sikap, dan intensi kelompok kontrol berbeda secara signifikan dengan kelompok eksperimen baik itu dengan paparan warning label maupun video. Hasil juga menunjukan tidak ada perbedaan pada variabel pengetahuan, sikap, dan intensi pada kelompok dengan paparan warning label dan paparan video.