Pengaruh Karakteristik Pengunjung dan Penggunaan Media Komunikasi Pemasaran terhadap Intensitas Kunjungan Agrowisata Taman Bunga Nusantara (TBN)
Abstract
Penggunaan media komunikasi pemasaran berguna untuk memberikan informasi dan mempromosikan keunikan serta keunggulan objek agrowisata beserta fasilitas dan kegiatannya, sehingga dapat meningkatkan intensitas kunjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik pengunjung Taman Bunga Nusantara, untuk menganalisis penggunaan media komunikasi pemasaran, dan menganalisis pengaruh kedua peubah tersebut terhadap intensitas kunjungan Agrowisata Taman Bunga Nusantara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan instrumen kuesioner dan didukung pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif explanatory. Teknik pengambilan data menggunakan accidental sampling dimana peneliti menentukan responden secara spontanitas dan mewakili populasi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh karakteristik pengunjung terhadap penggunaan media komunikasi pemasaran dan terdapat pengaruh karakteristik pengunjung dan penggunaan media komunikasi pemasaran terhadap intensitas kunjungan Agrowisata Taman Bunga Nusantara