Pengaruh Informasi Peringatan terhadap Pengetahuan Produk, Motivasi, dan Intensi Konsumsi Soft drink pada Remaja
Abstract
Perilaku mengonsumsi soft drink tidak dapat dihindarkan dari perilaku konsumsi remaja. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengetahuan, motivasi, dan intensi konsumsi soft drink pada remaja. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Contoh penelitian berjumlah 96 siswa yang dipilih secara convenience kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok eksperimen I (paparan warning label), kelompok eksperimen II (paparan video), dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan penurunan motivasi dan intensi konsumsi soft drink setelah diberikan paparan warning label dan video. Hasil uji ANOVA menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perlakuan yang diberikan terhadap pengetahuan. Hasil uji lanjut Post Hoc Test menujukan paparan warning label lebih meningkatkan pengetahuan daripada paparan video dan tidak diberikan paparan. Paparan Warning label dan video efektif menurunkan motivasi dan intensi konsumsi soft drink contoh.