Peran Penyesuaian Diri dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Akademik Mahasiswa PPKU IPB
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran dari penyesuaian diri dan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik dan prestasi akademik. Penelitian dilakukan pada 110 mahasiswa tingkat pertama IPB yang dipilih secara acak dengan metode simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan uji regresi berganda menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin, usia orang tua, pendidikan orang tua, penyesuaian sosial, penyesuaian emosional individual, kelekatan dengan institusi, orientasi tujuan instrinsik, nilai tugas, kontrol belajar dan kecemasan tugas tidak berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi dan prestasi akademik mahasiswa. Prokrastinasi akademik dipengaruhi secara positif oleh pendapatan per kapita dan orientasi tujuan ekstrinsik, serta dipengaruhi secara negatif oleh penyesuaian akademik. Prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi secara positif oleh prokrastinasi akademik, penyesuaian akademik, efikasi diri dalam belajar dan pengerjaan tugas, serta dipengaruhi secara negatif oleh usia dan uang bulanan anak.