Pengaruh Sosialisasi Akademik terhadap Motivasi Berprestasi dan Motivasi Melanjutkan Sekolah pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Suburban
Abstract
Motivasi berprestasi anak memiliki fungsi yang penting dalam belajar karena menentukan intensitas usaha belajar yang dilakukan oleh anak. Sementara itu, motivasi melanjutkan sekolah adalah faktor penting untuk mendorong mewujudkan cita-cita anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh sosialisasi akademik terhadap motivasi berprestasi dan motivasi melanjutkan sekolah pada anak usia sekolah yang tinggal di wilayah suburban. Desain penelitian ini adalah cross sectional study dengan lokasi penelitian di salah satu desa di Kabupaten Bekasi yang merupakan wilayah pinggiran kota. Jumlah contoh sebanyak 70 anak dari kelas 4 dan kelas 5 di salah satu SD Negeri di lokasi penelitian yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara sosialisasi akademik guru dengan motivasi intrinsik anak untuk berprestasi. Hal lain dalam penelitian ini menemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara sosialisasi akademik orang tua dengan motivasi intrinsik anak untuk melanjutkan sekolah. Model regresi yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan sosialisasi akademik guru berpengaruh positif terhadap motivasi berprestasi dan sosialisasi akademik orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi melanjutkan sekolah.