Pengaruh Kelekatan Pengasuh-Anak dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Daycare
Abstract
Perkembangan kognitif anak ditentukan oleh lingkungan di sekitarnya. Sekarang ini, tingginya partisipasi ibu bekerja mengakibatkan perubahan dalam tipe keluarga menjadi keluarga dengan suami-istri bekerja. Keluarga dengan suami-istri bekerja akan mencari pengasuh pengganti sehingga mencari alternatif bagi pengasuhan anak, salah satunya dengan menitipkan anaknya di TPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik anak, karakteristik keluarga, kelekatan pengasuh-anak dan keterlibatan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TPA. Desain penelitian ini adalah cross sectional study dengan pemilihan lokasi dan contoh penelitian secara purposif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri atas 39 anak usia prasekolah di TPA terpilih, 16 pengasuh, 39 ayah, dan 39 ibu. Hasil penelitian menemukan terdapat hubungan negatif signifikan antara usia anak dan besar keluarga dengan kelekatan pengasuh-anak, usia ayah dan usia ibu dengan perkembangan kognitif, lama waktu bekerja ayah dengan keterlibatan ayah. Penelitian juga menemukan hubungan positif signifikan antara penghasilan ibu dengan keterlibatan ayah, kelekatan pengasuh-anak dan keterlibatan ibu dengan perkembangan kognitif, keterlibatan ayah dengan keterlibatan ibu. Uji regresi menemukan bahwa perkembangan kognitif anak yang dititipkan orang tuanya di TPA dipengaruhi oleh pendidikan ayah, pendidikan ibu, kelekatan pengasuh-anak, dan keterlibatan ibu.