View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Kelekatan Pengasuh-Anak dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Daycare

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (15.58Mb)
      Date
      2018
      Author
      Surianti, Ni Made
      Alfiasari
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan kognitif anak ditentukan oleh lingkungan di sekitarnya. Sekarang ini, tingginya partisipasi ibu bekerja mengakibatkan perubahan dalam tipe keluarga menjadi keluarga dengan suami-istri bekerja. Keluarga dengan suami-istri bekerja akan mencari pengasuh pengganti sehingga mencari alternatif bagi pengasuhan anak, salah satunya dengan menitipkan anaknya di TPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik anak, karakteristik keluarga, kelekatan pengasuh-anak dan keterlibatan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TPA. Desain penelitian ini adalah cross sectional study dengan pemilihan lokasi dan contoh penelitian secara purposif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri atas 39 anak usia prasekolah di TPA terpilih, 16 pengasuh, 39 ayah, dan 39 ibu. Hasil penelitian menemukan terdapat hubungan negatif signifikan antara usia anak dan besar keluarga dengan kelekatan pengasuh-anak, usia ayah dan usia ibu dengan perkembangan kognitif, lama waktu bekerja ayah dengan keterlibatan ayah. Penelitian juga menemukan hubungan positif signifikan antara penghasilan ibu dengan keterlibatan ayah, kelekatan pengasuh-anak dan keterlibatan ibu dengan perkembangan kognitif, keterlibatan ayah dengan keterlibatan ibu. Uji regresi menemukan bahwa perkembangan kognitif anak yang dititipkan orang tuanya di TPA dipengaruhi oleh pendidikan ayah, pendidikan ibu, kelekatan pengasuh-anak, dan keterlibatan ibu.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94871
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1538]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository