Peran Efikasi Diri, Tingkat Stres, Strategi Koping, dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PPKU IPB
Abstract
Prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri, tingkat stres, strategi koping, dan prokrastinasi akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 110 mahasiswa tingkat pertama IPB sebagai partisipan, yang dipilih secara acak. Data primer dikumpulkan menggunakan alat bantu kuesioner self-report. Data dianalisis secara deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif signifikan antara efikasi diri, emotional coping, dan problem coping dengan prokrastinasi akademik, serta terdapat hubungan positif antara tingkat stres dengan prokrastinasi akademik. Selain itu, ditemukan hubungan negatif siginifikan antara uang saku dengan prestasi akademik, dan hubungan positif signifikan antara efikasi diri dengan prestasi akademik. Jenis kelamin, pendapatan per kapita, dan tingkat stres berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan efikasi diri berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik. Uang saku berpengaruh negatif terhadap prestasi akademik sedangkan efikasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi akademik.