Peran Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, dan Strategi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PPKU IPB
Abstract
Prestasi akademik merupakan salah satu indikator pencapaian hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peran karakteristik mahasiswa dan keluarga, kecerdasan emosional, efikasi diri, dan strategi belajar terhadap prestasi akademik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik self-report yang melibatkan 110 mahasiswa tingkat pertama di Institut Pertanian Bogor yang dipilih secara acak. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan strategi belajar. Uang saku berhubungan negatif signifikan dengan prestasi akademik. Efikasi diri, time/study environmental management, dan effort regulation berhubungan positif signifikan dengan prestasi akademik. Kecerdasan emosional dan efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap strategi belajar. Efikasi diri, time/study environmental management, dan effort regulation berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan uang saku mahasiswa memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap prestasi akademik.