Hubungan Land Tenure dengan Relevansi Sosial Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT).
View/ Open
Date
2018Author
Naibaho, Junarcia Molisna
Soetarto, Endriatmo
Metadata
Show full item recordAbstract
Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam mendorong program pembangunan pertanian yang ditujukan untuk meningkatkan produksi tanaman pangan dan sebagai tempat belajar petani atau kelompok tani dalam penerapan budidaya sesuai spesifik lokalitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis relevansi sosial dari SLPTT, yang terdiri dari relevansi fasilitasi, aksesibilitas, kelanjutan pelaksanaan, serta taraf hidup petani setelah mengikuti SLPTT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung pendekatan kualitatif dan dilakukan di Desa Cihideung Ilir. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan metode survei kepada 30 petani yang pernah mengikuti SLPTT. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan land tenure memiliki hubungan dengan relevansi sosial SLPTT.