Pengaruh Paparan Informasi, Kepercayaan Diri, dan Kesadaran Hak Konsumen terhadap Kemandirian Konsumen dan Konsumerisme pada Generasi Y
Abstract
Era globalisasi dan perdagangan bebas membuat tidak sedikit konsumen dijadikan sebagai objek aktivitas bisnis oleh pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Konsumen di Indonesia cenderung bersikap pasrah ketika menghadapi suatu permasalahan, dan konsumen yang berani mengadu (komplain) jumlahnya masih sangat sedikit, sehingga diperlukannya kemandirian konsumen. Generasi Y merupakan generasi yang dapat dikatakan konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh paparan informasi, kepercayaan diri, dan kesadaran hak konsumen terhadap kemandirian konsumen serta konsumerisme pada generasi Y di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan metode survey online. Pemilihan contoh pada penelitian ini dipilih secara non probability sampling dengan contoh yaitu konsumen yang berusia 18 sampai 36 tahun pada saat penelitian ini berlangsung. Contoh pada penelitian ini berjumlah 300 orang. Analisis data menggunakan metode SEM melalui program Analisis of Moment Structures (AMOS). Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri memengaruhi kemandirian konsumen dan kemandirian konsumen memengaruhi konsumerisme.
