Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Restoran Toastea Bogor.
Abstract
Pada tahun 2013-2016 restoran di Kota Bogor mengalami peningkatan
yang sangat pesat, hal ini berdampak pada persaingan usaha restoran. Agar dapat
bertahan maka perlu dilakukan kajian mengenai kepuasan dan loyalitas. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan, kepuasan dan
loyalitas konsumen. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan
metode convinience sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100
orang. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Costumer Satisfaction
Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan piramida loyalitas.
Berdasarkan hasil analisis CSI, tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut
Restoran Toastea adalah sebesar 75.36 persen. Sedangkan hasil dari analisis
piramida loyalitas didominasi oleh Switcer Buyer dan belum dapat dikatakan loyal
karena pramida loyalitas belum membentuk segitiga terbalik. Rekomendasi yang
perlu di perbaiki pihak restoran yaitu dari komponen bukti fisik yaitu ketersediaan
dan kebersihan toilet dan ketersediaan tempat parkir, sedangkan dari komponen
proses seperti kecepatan menanggapi keluhan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]