Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Kualitas Pelayanan BPRS Amanah Ummah Cabang Kota Bogor
Abstract
Minat masyarakat terhadap perbankan syariah terus meningkat. Hal tersebut
berdampak pula pada peningkatan persaingan perbankan syariah. BPRS Amanah
Ummah merupakan perbankan syariah yang sudah lama berdiri di Daerah
Kabupaten Bogor. Peningkatan jumlah nasabah peminjam di BPRS Amanah
Ummah menunjukkan minat masyarakat yang meningkat, namun ternyata
pinjaman yang dikeluarkan BPRS Amanah Ummah masih belum sesuai dengan
target. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kepuasan nasabah terhadap
pelayanan BPRS Amanah Ummah. Nasabah yang menjadi responden sebanyak 60
orang untuk melihat responnya terhadap kepentingan dan kinerja pelayanan BPRS
Amanah Ummah. Data dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis
(IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis menunjukkan bahwa
nasabah merasa sangat puas terhadap kinerja pelayanan BPRS Amanah Ummah.
Persentase kesesuaian harapan dengan kinerja sebanyak 84.59 persen. Atribut
pelayanan yang harus diperbaiki BPRS Amanah Ummah adalah kecepatan dan
ketepatan pelayanan serta kelengkapan fasilitas penunjang.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]