Analisis Segmentasi Konsumen Kedai Kopi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Abstract
Peningkatan jumlah kedai kopi di Kabupaten Banjarnegara cukup besar pada tahun 2016. Hal tersebut merupakan peningkatan terbesar dalam perkembangan kedai kopi di Kabupaten Banjarnegara. Seiring dengan persaingan tersebut, pemilik kedai kopi tidak mungkin menerapkan strategi pemasaran yang sama pada semua konsumen. Pemilik kedai kopi harus melakukan segmentasi pasar untuk membedakan konsumen berdasarkan karakteristik tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik geografis, demografis, psikografis, dan perilaku konsumen serta segmentasi konsumen berdasarkan karakteristik geografis, demografis, psikografis, dan perilaku konsumen kedai kopi di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilakukan di enam kedai kopi di Kabupaten Banjarnegara. Data primer didapatkan melalui wawancara dengan 117 responden pada bulan April sampai Mei 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis k-means cluster, dan analisis crosstabulation. Hasil penelitian menunjukkan segmentasi dari konsumen kedai kopi di Kabupaten Banjarnegara. Terdapat dua segmen konsumen kedai kopi di Kabupaten Banjarnegara, yaitu segmens social drinker dan segmen coffee lover.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]