Proses Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Terhadap Warunk Upnormal Kota Bogor
Abstract
Warunk Upnormal adalah salah satu kafe di Bogor yang letaknya strategis
sehingga konsumen memiliki akses yang mudah untuk menjangkaunya. Tujuan dari
penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan
pembelian, dan kepuasan konsumen Warunk Upnormal sehingga dapat dirumuskan
rekomendasi perbaikan atribut kafe. Data diperoleh dengan metode convenience
sampling serta diolah dengan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis
(IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Karakteristik yang digunakan dalam
penelitian yaitu jenis kelamin, umur, domisili, status pernikahan, tingkat
pendidikan, profesi, pendapatan dan pengeluaran rata-rata per bulan. Proses
keputusan pembelian melalui lima tahapan yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian
informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan pasca pembelian. Hasil analisis
menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen sebesar 87.27 persen dan atribut
yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki adalah area parkir, ketersediaan dan
kebersihan toilet, keramahan dan kesopanan pramusaji, kecepatan dan kemudahan
pemesanan, dan kecepatan menanggapi keluhan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]