Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Broiler PT. Anjawani Mitra Madani Bandung
Abstract
PT. Anjawani Mitra Madani adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam
usaha peternakan ayam broiler dengan menggunakan pola kemitraan. Seiring dengan
tumbuhnya persaingan, PT. Anjawani Mitra Madani diharapkan dapat tetap
mempertahankan dan mengembangkan potensi yang dimiliki untuk keberlanjutan
usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi perusahaan
dengan menganalisis faktor internal dan eksternal yang dihadapi oleh PT. Anjawani
Mitra Madani, memformulasikan strategi alternatif, dan menentukan strategi prioritas.
Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis faktor internal
dan eksternal menggunakan matriks IFE dan EFE. Matriks IE menunjukkan bahwa
posisi PT. Anjawani Mitra Madani berada pada kuadran kelima yaitu Hold and Maintain.
Hasil dari matriks SWOT menghasilkan sepuluh strategi pengembangan. Strategi yang
memiliki prioritas paling tinggi berdasarkan analisis QSPM adalah meningkatkan
jumlah produksi dan memperluas pemasaran ke pasar yang belum dijangkau.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]