Efisiensi Pemasaran Ubi Jalar Cilembu di Desa Pamekaran Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang
Abstract
Keunggulan yang dimiliki ubi jalar cilembu menyebabkan permintaan
terhadap ubi jalar cilembu menjadi tinggi akan tetapi, harga yang diterima petani
masih tergolong rendah. Tingginya margin antara harga ditingkat produsen dan
konsumen menjadi permasalahan pada sistem pemasaran ubi jalar di Kabupaten
Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran dan
tingkat efisiensi pemasaran ubi jalar di Desa Pamekaran. Metode penentuan
sampel yang digunakan untuk petani adalah metode purposive sampling,
sedangkan untuk lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif (analisis lembaga
pemasaran, saluran pemasaran dan fungsi pemasaran) dan analisis kuantitatif
(analisis margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap
biaya). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang
relatif efisien adalah saluran pemasaran 1 (petani - pedagang pengumpul desa
tingkat 1 - pedagang pengecer - konsumen akhir) karena memiliki margin
pemasaran yang rendah, farmers share yang tinggi dan rasio keuntungan terhadap
biaya yang lebih merata.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]