Analisis Pemasaran Nanas Bogor di Kabupaten Bogor.
Abstract
Nanas Bogor merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten
Bogor. Namun, keberadaan komoditas ini masih jarang ditemukan di pasar
tradisional maupun modern di Bogor. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi
saluran pemasaran, lembaga pemasaran, fungsi pemasaran, dan efisiensi
pemasaran Nanas Bogor. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling
sebanyak 20 petani dan lembaga pemasaran menggunakan cara snowball
sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima alternatif dalam
memasarkan nanas mulai dari petani hingga konsumen akhir. Saluran yang efisien
adalah saluran III (petani-pedagang pengumpul desa-pabrik olahan) berdasarkan
kriteria dari marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap
biaya. Berdasarkan hasil, ditemukan bahwa Nanas Bogor banyak dijual kepada
pedagang pengecer modern di luar kota dan pabrik olahan asinan. Hal ini
menyebabkan Nanas Bogor jarang ditemukan di pasaran Bogor sendiri.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]