Analisis Pengaruh Faktor Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Produk Pangan.
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan diiringi dengan
pertumbuhan bisnis pada industri makanan saat ini merupakan terobosan baru
dalam memasarkan makanan secara online. Namun, risiko pada pembelian secara
online mungkin saja terjadi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui
proses pengambilan keputusan pembelian konsumen online terhadap produk
pangan dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan pembelian
konsumen online terhadap produk pangan. Data diperoleh dari 114 responden
dengan metode Snowball Sampling. Data dianalisis menggunakan metode analisis
descriptif dan analisis SEM-PLS. Hasil analisis diperoleh bahwa konsumen
membeli makanan secara online dengan tidak terencana dan e-commerce yang
paling banyak digunakan adalah Go-Jek dengan salah satu fiturnya yaitu Go-
Food. Variabel keamanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan variabel kemudahan
berpengaruh positif namun tidak signifikan.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]