Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Baso Mas Atmo Karawang, Jawa Barat.
Abstract
Tingginya tingkat persaingan pada bisnis restoran mengharuskan restoran
memberikan kepuasan kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis proses keputusan pembelian dan kepuasan konsumen Baso Mas
Atmo. Data diperoleh dari 100 reponden dengan metode convenience sampling
serta diteliti dengan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance
Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan alasan konsumen
melakukan pembelian Baso Mas Atmo termotivasi karena rasa yang khas yang
dimiliki dan memperoleh informasi dari teman. Konsumen menganggap citarasa
adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rumah makan.
Secara umum responden dalam kurun waktu satu bulan melakukan kunjungan
sebanyak satu kali, melakukan pembelian secara terencana dan paling banyak
berkunjung pada sore hari. Mayoritas konsumen merasa puas setelah
mengkonsumsi Baso Mas Atmo dan ingin berkunjung kembali. Berdasarkan
analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa 82.2 persen
konsumen sangat puas yang artinya secara keseluruhan kinerja atribut-atribut ini
sudah dapat memberikan kepuasan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]