Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Vegetarian Karunia Baru Bogor
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena melihat adanya peningkatan jumlah restoran
yang ada di Kota Bogor setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan adanya persaingan
usaha dalam bisnis kuliner. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses keputusan
pembelian konsumen, tingkat kepuasan konsumen, serta tingkat loyalitas
konsumen terhadap Restoran vegetarian Karunia Baru. Metode yang digunakan
adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance
Performance Analysis (IPA), dan piramida loyalitas konsumen. Karakteristik
konsumen restoran ini berdomisili di Bogor, berjenis kelamin perempuan
memiliki usia 26 sampai 35 tahun dengan tingkat pendidikan terakhir sarjana,
bekerja sebagai pegawai swasta, sudah menikah, dan pendapatan lebih dari
Rp 7 000 000. Nilai CSI yang dihasilkan sebesar 80.14 persen termasuk ke dalam
kategori sangat puas. Analisis loyalitas konsumen sebagian besar masuk ke dalam
tingkatan satisfied buyer yaitu sebesar 44 persen. Pihak Restoran vegetarian
Karunia Baru perlu melakukan pengaturan ulang terhadap parkir untuk konsumen
dan pelatihan hardskill untuk pramusaji agar meningkatkan kepuasan konsumen.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]