Pengaruh Selebriti Endorser Pemilik Usaha terhadap Keputusan Pasca Pembelian Geprek Bensu di Kota Bogor
Abstract
Tren yang terjadi pada tahun 2017 adalah selebriti sebagai pemilik usaha
menjadikan dirinya sendiri sebagai endorser dalam mempromosikan dan
mengiklankan produk yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan karakteristik konsumen responden dan menganalisis pengaruh
selebriti endorser pemilik usaha terhadap keputusan pasca pembelian Geprek
Bensu. Variabel selebriti endorser adalah attractiveness, trustworthiness, expertise
dan respect. Pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling.
Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan partial least square (PLS).
Hasil penelitian menunjukan (1) karakteristik konsumen responden didominasi
oleh konsumen pelajar/mahasiswa dengan rentang umur 15-24 tahun; (2) hanya
variabel respect yang berpengaruh positif terhadap keputusan pasca pembelian.
Penelitian ini merekomendasikan agar Ruben Onsu dan manajemen bersama-sama
menjaga apresiasi dari masyarakat agar persepsi positif tetap terjaga sehingga
akan terus berpengaruh positif terhadap keputusan pasca pembelian.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]