Model Dinamika Opini Konsumen dalam Pembelian Produk dengan Pemasaran Sistematis/Acak: Studi Kasus Koneksi Tidak Lengkap
View/ Open
Date
2018Author
Nugraha, Adianti Susi
Alatas, Husin
Hardhienata, Medria
Metadata
Show full item recordAbstract
Manusia sebagai mahluk sosial berinteraksi dengan manusia lainnya. Dalam
aktivitas sehari-hari manusia adalah konsumen yang tak lepas dari proses
pengambilan keputusan. Interaksi antar konsumen akan menimbulkan dinamika
opini yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan konsumen. Selain hasil dari
interaksi juga akan dipengaruhi oleh bagaimana produk atau jasa tersebut
dipasarkan. Penelitian ini akan berfokus kepada pengaruh sistem pemasaran dalam
proses pengambilan keputusan konsumen. Dengan pemodelan berbasis agen,
penelitian ini menggunakan beberapa parameter yang berpengaruh diantaranya
adalah atribut agen, index of perception, fungsi pemasaran, strength of advertising
dari produk. Strength of advertising dari sebuah sistem pemasaran mempengaruhi
jumlah produk yang terjual, semakin besar nilainya maka semakin banyak produk
yang terjual. Kasus dengan koneksi antar agen tidak lengkap menunjukan bahwa
sistem pemasaran secara sistematis cenderung lebih unggul dibandingkan dengan
sistem pemasaran secara acak. Metode perhitungan dengan entropi Shannon
digunakan untuk menganalisis sifat fisis model pengambilan keputusan konsumen.
Collections
- UT - Physics [1034]