Perancangan Mobile user Experience Aplikasi Blood Donation Untuk Palang Merah Indonesia Kota Bogor
Abstract
Aktivitas donor darah sering kali menjadi agenda rutinan bagi sebagian orang, dan
setiap Unit Donor Darah (UDD) daerah buka setiap hari dari senin hingga sabtu
demi memenuhi kebutuhan stok darah. Namun hal tersebut tetap tidak memenuhi
sesuai kebutuhan darah pada Bank Darah RS (BDRS). Bloodnation adalah
aplikasi mobile yang dirancang untuk mendapatkan informasi kebutuhan darah
pada pendonor, serta memberikan informasi mengenai stok darah pada UDD.
Penelitian ini menggunakan metode UX lifecycle dari Hartson Pyla berupa siklus
The Wheel. Tujuan dari sistem ini adalah merancang aplikasi Bloodnation
berdasarkan kebutuhan pendonor. Aplikasi ini mendapatkan feedback pengguna
melalui pengujian prototipe aplikasi Bloodnation, serta mendapatkan hasil
evaluasi prototipe aplikasi Bloodnation menggunakan prinsip Thinking Aloud
Method. Aplikasi ini juga harapannya dapat mempermudah pendonor untuk
memberikan informasi mengenai lokasi UDD terdekat dari pengguna aplikasi
dengan fitur mapping.
Collections
- UT - Computer Science [2236]