Perancangan Mobile User Experience Aplikasi Marketplace Paket Wisata Open Trip Indonesia untuk Wisatawan Lokal
View/ Open
Date
2018Author
Prakasa, Azmi Iqbal Goldina
Ardiansyah, Firman
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertumbuhan pariwisata Indonesia meningkat berdasarkan jumlah perjalanan
wisatawan lokal dari tahun 2010 hingga 2016 dengan rata-rata 2.02%. Hal tersebut
diimbangi dengan perkembangan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
(UMKM) dalam sektor jasa sebesar 6.71%. Hadirnya marketplace paket wisata
memudahkan pencarian dan pemesanan paket wisata bagi wisatawan lokal serta
pemasaran jasa oleh UMKM penyedia jasa perjalanan wisata di Indonesia.
Penelitian ini berfokus pada perancangan user experience (UX) marketplace paket
wisata. Perancangan UX menggunakan metode Five Planes yang terdiri atas lima
tahapan yang memiliki keterkaitan antarlapisannya. Prototipe diujikan kepada 5
wisatawan lokal menggunakan evaluasi think aloud. Persentase nilai fitur cerita
wisatawan sebesar 92%, dan fitur komparasi paket wisata dan asistensi sebesar 88%,
yang berarti fitur tersebut merupakan fitur penting bagi wisatawan lokal. Mereka
berpendapat bahwa dengan adanya prototipe aplikasi marketplace paket wisata
dapat menunjang kegiatan liburan mereka.
Collections
- UT - Computer Science [2236]