Pengaruh Paparan Informasi, Konformitas dan Kesadaran Hak Konsumen terhadap Kemandirian Konsumen dan Konsumerisme pada Generasi Y
Abstract
Upaya untuk meningkatkan kesadaran hak konsumen dilakukan melalui gerakan yang terorganisir yang disebut konsumerisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh paparan informasi dan konformitas terhadap kemandirian konsumen dan konsumerisme pada generasi Y. Desain pada penelitian ini adalah menggunakan cross-sectional study dengan survei online pada 300 responden. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang berada pada rentang umur 18-36 tahun. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif pada SPSS dan metode SEM dengan program Analysis of Moment Structures (AMOS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat paparan informasi, konformitas dan konsumerisme tergolong rendah, kesadaran hak konsumen tergolong tinggi serta kemandirian konsumen tergolong sedang. Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara kesadaran hak konsumen dengan kemandirian konsumen dan konsumerisme. Sementara itu, paparan informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran hak konsumen, kemandirian konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap konsumerisme dan konformitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kemandirian konsumen.