Hubungan Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro dan Kecil Kuliner melalui Media Online dengan Perkembangan Usaha. Di bawah
Abstract
Media online dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang dihasilkan supaya dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga membantu perkembangan UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan komunikasi pemasaran melalui media online dengan perkembangan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner yang didukung data kualitatif dengan panduan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas komunikasi pemasaran melalui media online yang dilihat dari ragam media online, ragam desain pesan, dan daya tarik pesan dengan perkembangan usaha yang dilihat dari jumlah hasil usaha, jumlah tenaga kerja dan luas cakupan pasar. Mayoritas pemilik UMKM menggunakan beragam media online dan menyampaikan desain pesan yang beragam dengan daya tarik yang menarik, sehingga produknya dapat diketahui oleh banyak masyarakat dan pesanan produk meningkat menghasilkan hasil penjualan bertambah, oleh karena itu membuat pemilik UMKM menambah tenaga kerja.