Pengaruh Literasi Keuangan dan Persepsi Pentingnya Pendidikan terhadap Perilaku Investasi Pendidikan Anak pada Keluarga Petani
View/ Open
Date
2018Author
Pramita, Herta Eri
Muflikhati, Istiqlaliyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Perilaku investasi pendidikan anak merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung
pendidikan anak agar maksimal, dalam rangka masa depan anak. Perilaku investasi dipengaruhi
oleh pengetahuan dan persepsi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi
keuangan dan persepsi mengenai pendidikan terhadap perilaku investasi pendidikan anak pada
keluarga petani. Penelitian dilakukan pada 64 keluarga petani yang memiliki anak sekolah di
Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani
terhadap pendidikan cukup baik dengan indeks 71,04. Di sisi lain, pengetahuan keuangan (literasi
keuangan) dan perilaku investasi pendidikan masih rendah dengan indeks masing-masing sebesar
57,74 dan 39,81. Pada literasi keuangan, dimensi financial knowledge memiliki indeks paling
rendah dibandingkan dimensi financial attitude dan financial behavior. Berdasarkan uji regresi
berganda, didapatkan hasil bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap
perilaku investasi pendidikan, tetapi persepsi mengenai pendidikan anak tidak berpengaruh. Selain
literasi keuangan, perilaku investasi pendidikan juga dipengaruhi oleh lama pendidikan ibu.
Perilaku investasi pendidikan dapat ditingkatkan melalui penambahan wawasan atau penyuluhan
tentang pengelolaan keuangan kepada orangtua.