Posisi Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Nilai Ekspor Karet Alam Indonesia
Abstract
Karet alam merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia
namun pada beberapa tahun ini terjadi penurunan nilai ekspor karet alam yang
cukup signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis daya saing dan
faktor-faktor yang memengaruhi nilai ekspor karet alam Indonesi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode data panel dengan gravity model
yang mencakup 10 negara tujuan ekspor karet alam Indonesia. Negara tujuan
ekspor tersebut adalah Amerika Serikat, China, India, Jepang, Turki, Korea Selatan,
Brazil, Kanada, Jerman, dan Perancis. Penelitian ini juga menggunakan metode
RCA (Revealed Comparative Advantage) dan EPD (Export Product Dynamics)
untuk menganalisis daya saing karet alam Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa karet alam Indonesia memiliki daya saing yang baik. Berdasarkan hasil
analisis menggunakan gravity model, GDP per kapita negara tujuan ekspor, harga
ekspor karet alam, nilai ekspor karet alam Vietnam, dan produksi karet alam
domestik memiliki pengaruh positif terhadap nilai ekspor karet alam Indonesia.
Populasi negara tujuan ekspor memiliki pengaruh negatif sedangkan jarak ekonomi
dan nilai tukar riil tidak berpengaruh signifikan.