Strategi Pengembangan Usaha PT Jakarana Tama Food Industry di Kabupaten Bogor
Abstract
Industri makanan memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto
(PDB). Pertumbuhan yang terjadi pada industri makanan dan minuman membuat
persaingan dalam sektor ini semakin ketat, mengharuskan manajemen PT Jakarana
Tama Food Industry perlu mempersiapkan alternatif strategi agar dapat bertahan
dan berkembang dalam persaingan usaha ini. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor internal dan eksternal, merumuskan strategi alternatif serta
menentukan prioritas strategi bagi PT Jakarana Tama Food Industry. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE,
matriks SWOT, dan matriks QSP. Hasil analisis menunjukan bahwa PT Jakarana
Tama Food Industry berada pada kondisi menjaga dan mempertahankan.
Perumusan alternatif strategi didasarkan pada posisi matriks IE dan analisis matriks
SWOT sehingga menghasilkan lima alternatif strategi. Berdasarkan hasil analisis
matriks QSP diperoleh prioritas alternatif strategi yaitu peningkatan kualitas
sumberdaya manusia.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]