Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Your Tea pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor Dramaga
Abstract
Waralaba teh siap saji yang terus berkembang di Indonesia semakin banyak diminati oleh pelaku usaha. Pihak manajemen Your Tea perlu mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Analisis Gap, Uji Wilcoxon, Customer Satisfaction Index, Piramida Loyalitas, dan Analisis Korelasi Rank Spearman dengan melibatkan 178 responden. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari hingga Maret 2018. CSI sebesar 83.24 persen menunjukkan sebagian besar konsumen merasa sangat puas akan kinerja yang diberikan oleh Your Tea. Sebagian besar konsumen Your Tea tergolong dalam kelompok switcher buyer, yaitu konsumen yang membeli suatu produk berdasarkan pertimbangan harga. Atribut yang memiliki korelasi antara kepuasan dan loyalitasnya adalah rasa teh dan campuran bahan baku sehingga diharapkan pihak Your Tea mampu mempertahankan kinerja atribut yang memiliki korelasi dengan loyalitasnya.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]